Yogyakarta Karangmalang
Posted by nacchan • 25-07-2015 13:06

Berbagai kejadian aneh di kos



Dulu saya nge-kos di daerah Karangmalang, Jogja. Saya nge-kos di sana lama sekali, selama hampir lima tahun dari awal saya masuk kuliah sampai sudah mau lulus. Kos-kosan saya ini meskipun kecil tapi sangat nyaman. Teman-teman kos saya juga umumnya itu-itu saja, karena mereka sama seperti saya betah di kos-kosan.

Ada banyak kejadian-kejadian aneh di kos-an saya dulu. Tapi anehnya anak-anak betah kos di situ. Mungkin karena kejadian-kejadian aneh itu tidak berbahaya sehingga kami mengabaikannya. Lagipula suasananya tidak mengerikan, malah cenderung ramai kalau malam (karena memang itu lingkungan kos mahasiswa).

Kejadian yang pertama dan dialami hampir semua anak kos adalah suara deritan kursi bambu. Setiap jam sepuluh malam ke atas, kami para penghuni kos bisa mendengar suara kursi bambu dipermainkan, digeser ke depan, ke belakang, begitu terus berulang-ulang. Kebetulan di lantai tiga ada kursi bambu panjang di depan televisi, jadi awalnya kami anak-anak lantai dua beranggapan kalau itu kerjaan anak-anak lantai tiga. Tapi setelah ditanya di lantai tiga tidak ada yang suka mainan kursi bambu begitu.

Setelah beberapa saat topik ini hangat di kalangan anak kos, bapak kos pun akhirnya berusaha mencari penjelasan. Akhirnya penjelasan yang masuk akal adalah, penghuni kos sebelah ada yang hamil di luar nikah dan stress sehingga suka main-main kursi malam-malam. Hal ini wajar karena kos di lingkungan kami kamarnya kecil-kecil dan temboknya tipis, jadi kami bisa mendengar aktivitas kos sebelah kalau malam pas sepi.

Kami pun mengiyakan saja, karena memang setelah anak itu pindah suara kursi itu tak lagi terdengar. Entah itu suara benar dari penghuni kos sebelah atau bukan saya tak tahu. Soalnya saya merasa suara itu datangnya dari atas bukan dari sebelah. Selain itu, kadang-kadang hanya sebagian anak saja yang mendengarnya. Misalnya malam ini saya dan si A mendengar, teman kos lain tidak. Lalu malam berikutnya saya tidak mendengar apa-apa, tapi sebaliknya si C dan D mendengarnya. Biasanya kami mengatasi bunyi-bunyian ini dengan memakai headset/earphone apabila mau begadang.

Kejadian lainnya lagi adalah dijawil waktu mandi. Saya tidak mengalaminya, tapi ada teman kos saya yang mengalami. Teman saya ini entah sedang mandi atau BAB (karena kamar mandinya kecil tidak jarang kami mandinya sambil jongkok di kloset). Tiba-tiba saja ada yang menjawil bokongnya. Ada yang mengalami kejadian itu sampai dua kali, ada pula yang hanya sekali. Biasanya mereka langsung menyelesaikan urusan dan keluar kamar mandi.

Pernah pula suatu hari saya mencium bau harum bunga kenanga yang sangat menyengat di kamar saya. Karena penasaran saya cari-cari di mana baunya, eh ternyata bau itu berasal dari salah satu sudut kamar. Anehnya hanya sudut itu saja yang bau, sementara yang lain tidak. Karena takut saya pun keluar kos untuk main, pokoknya menghabiskan waktu di luar. Saya baru kembali sore hari dan bau itu sudah hilang.

bersambung ke part 2
© 2020 kliwon.com. All rights reserved.