Jakarta Pakubuwono jakarta selatan
Posted by ariqrabbani • 01-08-2016 13:59

Ondel-Ondel Vodoo part 1



Halo guys saya baru beragbung di kripikpasta dan ingin berbagi cerita mengenai ondel-ondel yang ada di sekolah saya,
3 tahun saya sekolah di SMKN 30 jakarta membuat saya selalu melihat bayak hal yang tidaknya masuk akal,well saya ceritakan dari awal.

Back in 1965 dulu smk saya dikenall dengan nama smkk 2 sampai sekarang sekolah itu selalu jadi nomer 1 dijakarta tetapi dibalik semua itu, ada sebuah ondel-ondel dan kalian juga bisa melihat bila lewat smkn 30 (nama sekarang) ondel ondel yang bermasalah itu ondel ondel yang berwarna merah tapi bukan itu saja disekolah saya terdapat ruangan rahasia sampai sekarang pun. semua murid bahkan alumni termasuk saya yang baru lulus tahun ini.

Belum tahu alasan jelas sebenarnya ruangan tersebut di tutupi .tapi akhirnya saya mendapat cerita sebenarnya dari ob saya yang paling tua sebut saja pak jum.
Nah pak jum ini sudah bekerja lebih dari 20 tahun bahkan dr smkk itu dibangun dia sudah bekerja

Sebelum tahun 1965 saya kurang tau pastinya itu tahun berapa,jadi sebelum menjadi sebuah tanah atau sekolah.dulu tanah di sekolah itu dulunya rumah seorang wanita belanda dikenal si cantik hijau.beliau punya anak 3 semuanya perempuan tetapi dengan tiada alasan yang jelas sang noni itu membunuh semua putrinya.dan sang noni itu membakar rumahnya yang terbuat dari kayu.

Hingga 1965 masih terdapat sisa sisa kayu tersebut ketika smkk 2 dibangun,dansebelum di hari perayaan jadinya smkk 2 pemerintah dki jakarta membuat ondel-ondel sebagai selogan sekolah di jakarta.nah entah gimana pada waktu itu mereka membuat salah satu ondel2 dengan sisa-sisa kayu bekas dirumah sang noni.dari dulu sampai sekarang ondel ondel berwarnba merah itu selalu berpindah tempat dan itu hampir setiap hari….saya pun melihatnya sendiri.

To be continued
© 2020 kliwon.com. All rights reserved.